Selasa, 29 Januari 2013

Kapasitor Bank Untuk Menghemat Listrik

Kapasitor bank, banyak diantara kita yang sering mendengarnya serta tahu fungsinya yaitu sebagai penghemat listrik. Namun sesungguhnya apakah kapasitor bank itu? artikel kali ini akan sedikit mengulas tentang hal itu
Jenis kapasitor bank
Berdasarkan cara kerjanya dapat dibedakan jadi 2 :
Jenis tetap (fixed), dengan memberikan beban kapasitif yang tetap meskipun terdapat perubahan beban. umumnya dipakai pada beban langsung seperti halnya pada motor induksi. Nilai yang aman adalah sekitar 5% dari kapasitas motor, pertimbangannya yaitu kondisi saat tanpa beban.
Jenis otomatis (automatic), memberikan beban kapasitif yang beragam sesuai dengan kondisi beban. type panel ini dilengkapi dengan sebuah power factor controller ( pfc ). Pfc akan menjaga cos phi jaringan sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk beban yang fluktuatif secara cepat, dipakai static var compensator type ( svc ) yang memakai thyristor sebagai switchernya. Sedangkan untuk fluktuasi beban yang tidak terlampau cepat dipakai dynamic var compensator yang menggunakan magnetic contactor dan pfc relay sebagi switchernya.
kapasitor bank
Barangkali kita sering pusing dengan tagihan listrik PLN yang membengkak. Telah banyak cara untuk menghemat penggunaan listrik, Contohnya membuat rangkaian lampu hemat daya, memakai inverator, sampai mematikan listrik rumah serta hanya menerangi dengan rangkaian emergency led. Namun tetap saja mesti mengeluarkan biaya yang banyak untuk bayar listrik. Barangkali ini adalah cara yang bisa meringankan beban tagihan listrik anda, yakni dengan memasang kapasitor bank pada instalasi listrik di rumah anda.
Kapasitor bank berfungsi untuk mengurangi beban induktif dari peralatan-peralatan yang memakai kumparan, contohnya lampu neon, pompa air, motor listrik, mesin cuci dan lain sebagainya.
Fungsi utama kapasitor bank yaitu :
  • menghilngkan denda atau kelebihan biaya ( kvarh )
  • menghindari kelebihan beban pada transformer
  • memberikan tambahan daya yang tersedia
  • menghindari kenaikan arus atau suhu pada kabel
  • memaksimalkan penggunaan daya ( kva )
  • menghemat daya atau efesiensi
  • menghindari drop line voltage
  • mengawetkan pemakaian instalasi dan peralatan listrik
  • juga dapat mengurangi kerugian yang lainnya pada instalasi listrik
Dengan semakin tingginya biaya listrik di indonesia maka pengguna listrik mesti pintar – pintar memaksimalkan daya listriknya serta melakukan penghematan sehingga biaya listrik tidak menjadi mahal
Untuk membuat kapasitor bank tidaklah sulit. kita cukup beli sebuah atau beberapa kapasitor ac tegangan tinggi, umumnya 400volt, kemudian pasang secara paralel pada instalasi listrik anda ( seperti memasang lampu ). dicoba saja dulu, pasang pada awal bulan. kemudian lihat hasilnya pada akhir bulan.
Merek kapasitor yang ada antaralain : shizuki, epcos siemen, merlin gerin/schneider, nokian, vishay, circutor,


sumber: http://komponenelektronika.org/kapasitor-bank-untuk-menghemat-listrik.htm